JAMBORE FORUM PENGURANGAN RISIKO BENCANA (FPRB) DESA DAN LATIHAN BERSAMA PENGENDALIAN KARHUTLA KAB. TANJAB BARATTAHUN 2023

[23.23, 29/11/2023] Drs.ZULFIKRI.M.AP: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi Menggelar kegiatan Jambore Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Tahun 2023. Kegiatan ini .merupakan kegiatan kerjasama dengan Perusahaan Petrochina Internasional Jabung Ltd dalam upaya peningkatan kapasitas masyarakat Desa Tangguh Bencana dalam program pencegahan dan kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana khususnya upaya pengurangan risiko Bencana. Adapun Kegiatan Jambore FPRB Desa ini terpusat di Embung Wisata Desa Muntialo Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (29-30/11/2023).

Kalak BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs.ZULFIKRI,M.AP mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pemberian pemahaman dan Pengetahuan tentang penanggulangan bencana, dengan bekal ini diharapkan masyarakat nantinya dapat ikut berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam penanganan penanggulangan bencana sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki sehingga masyarakat dapat kita ajak untuk berpartisipasi dan bertanggungjawab apabila terjadi bencana di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Yang kita undang dalam kegiatan ini sekitar 100 Orang peserta di samping Relawan PB yang tergabung dalam FPRB Desa juga kita melibatkan unsur TNI dan Polri serta Taruna Siaga Bencana (Tagana) katanya saat dijumpai di sela kegiatan pada Rabu (29/11/2023).

Dijelaskan pula, saat ini Desa Tangguh Bencana yang telah memiliki FPRB Desa di kecamatan Betara yakni di Desa Terjun Gajah,Desa Lubuk Terentang,Desa Pematang Buluh. Desa Pematang Lumut,Desa Muntialo, dan Desa Serdang Jaya.

Kegiatan Jambore FPRB Desa Tahun 2023 ini digelar dengan berbagai kegiatan. Antara lain, ada pemberian materi Penanggulangan Bencana dan Praktek Penanggulangan Bencana Karhutla serta Praktek Penyelamatan Korban Bencana di Air juga kegiatan Outbond dan lain sebagainya.

“Dalam kesempatan Pembukaan Kegiatan Jambore FPRB Desa ini Bupati Tanjung Jabung Barat (Drs.H.Anwar Sadat.M.Ag) berharap peserta kegiatan Jambore FPRB dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nantinya dapat berperan serta aktif dalam membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana.

Pihak Perusahaan Petrochina Internasional Jabung Ltd juga dalam hal ini turut mendukung penuh kegiatan Jambore FPRB ini dan juga menyampaikan bahwa upaya-upaya mitigasi bencana perlu penguatan berbagai pihak. Salah satu upaya tersebut,adalah peran Dunia usaha dalam mendukung kegiatan Jambore FPRB ditambahkannya ,”Kita jaga alam, alam jaga kita.” Makna frase ini mengingatkan kembali terhadap paradigma penanggulangan bencana yang mengedepankan mitigasi sebagai bagian dari pengurangan risiko bencana.disamping itu melalui Jambore ini kita berharap dapat meningkankan kapasitas masyarakat atau SDM Relawan bencana

Salah satu peserta, jambore juga mengaku senang bisa mengikuti Jambore FPRB Desa karena disamping mendapatkan pengetahuan dan pemahaman penanggulangan bencana
kegiatan ini dapat juga untuk mempererat silaturahmi sesama relawan bencana ujarnya
(TANJAB BARAT 2023)
[11.39, 18/12/2023] CIPTA BPBD KAB. TANJAB BARAT

 

Add Comment